Jumat, 08 Juni 2012

Profil Negara Belanda Piala Euro 2012

Dengan pemain-pemain kelas dunia, Belanda selalu menjadi favorit setiap tampil di Piala Eropa. Dengan pakem total football mereka sempat menjadi juara Piala Eropa 1988. Saat itu Belanda yang dilatih Rinus Michels diperkuat nama-nama kondang seperti Ruud Gullit, Marco van Basten, dan Ronald Koeman. Mereka memastikan gelar juara setelah menaklukkan Uni Soviet 2-0 di partai puncak.

Itulah satu-satunya gelar bergengsi yang sukses direbut Belanda. Setelah itu prestasi terbaik mereka di Piala Eropa hanyalah menembus semi final pada 1992, 2000, dan 2004. Kini berstatus sebagai peringkat 2 FIFA (per Maret 2012) dan bermaterikan pemain-pemain kelas wahid seperti Wesley Sneijder (Inter Milan), Robin van Persie (Arsenal), dan Arjen Robben (Bayern Munich), Belanda siap menjadi juara Piala Eropa untuk kali kedua.
Road to EURO 2012
Belanda tampil nyaris sempurna di babak kualifikasi. Berada di grup E bersama Swedia, Hungaria, Finlandia, Moldova, dan San Marino, Belanda mencatat 9 kemenangan dan hanya 1 kali kalah. Satu-satunya kekalahan anak asuh Bert van Marwijk didapat di partai pamungkas yang sudah tidak menentukan. Saat itu mereka dikalahkan 2-3 oleh Swedia. Belanda pun keluar sebagai juara grup E.
Sejumlah rekor ditorehkan Belanda di babak kualifikasi. Mereka tercatat sebagai tim yang paling produktif dengan mencetak 37 gol. Striker Belanda, Klaas-Jan Huntelaar keluar sebagai top skorer kualifikasi Piala Eropa dengan 12 gol. Oranje juga mencatat rekor kemenangan sepanjang sejarah mereka, dengan membantai San Marino 11-0 pada 2 September 2011.
Fakta Singkat
Julukan : Oranje, Holland
Pelatih : Bert van Marwijk
Partisipasi : 8 kali
Prestasi terbaik : Juara 1988

Tidak ada komentar:

Posting Komentar