Jumat, 08 Juni 2012

Profil Negara Denmark Piala Euro 2012

Denmark merupakan tim yang senantiasa mengejutkan di putaran final Piala Eropa. Meskipun tak pernah masuk favorit utama Denmark yang dijuluki Tim Dinamit seringkali merepotkan tim-tim besar.
Dalam debutnya saja, saat Piala Eropa 1964, Denmark sukses
keluar sebagai peringkat keempat. Tim Dinamit lalu absen lama dan kembali muncul di Piala Eropa 1984. Lagi-lagi mereka tampil mengejutkan dengan menembus babak semifinal.
Kejutan terbesar Denmark terjadi di Piala Eropa 1992. Datang sebagai negara pengganti Yugoslavia, dan hanya mempersiapkan diri 10 hari sebelum turnamen dimulai, Denmark sanggup keluar sebagai juara. Mereka bisa menghentikan laju tim-tim elit termasuk Perancis, Inggris, Belanda, dan akhinya menaklukkan Jerman di partai final. Kini di Piala Eropa 2012, kejutan Denmark patut dinanti. Apalagi mereka akan menghadapi tim-tim kuat yakni Belanda, Jerman, dan Portugal di babak penyisihan grup.
Road to EURO 2012
Denmark tampil mengesankan di babak kualifikasi. Mereka sukses lolos sebagai juara grup H dan harus memaksa Portugal yang lebih diunggulkan menempuh jalur play-off. Pasukan Morten Olsen mengakhiri babak kualifikasi dengan torehan 19 poin, selisih 3 poin dari Portugal dan Norwegia.
Kepastian Denmark melenggang ke Ukraina-Polandia ditentukan di partai terakhir. Bertanding di Parken Stadium, Copenhagen, Denmark unggul 2-1 atas Portugal. Menariknya, di penyisihan grup Piala Eropa 2012 Denmark ditakdirkan kembali bertemu Portugal.
Fakta Singkat
Julukan : Danish Dynamite, Olsen-Banden (The Olsen Gang)
Pelatih : Morten Olsen
Partisipasi : 7 kali
Prestasi terbaik : Juara 1992

Tidak ada komentar:

Posting Komentar