Jumat, 08 Juni 2012

Profil Negara Inggris Piala Euro 2012


Inggris sempat disebut-sebut sebagai negara penemu sepakbola modern. Mereka juga memiliki kompetisi papan atas yakni Premier League. Pemain-pemain berkualitas selalu menghuni skuad The Three Lions � julukan timnas Inggris.

Sayangnya, Inggris justru belum pernah sekalipun menjuarai Piala Eropa. Prestasi terbaik mereka di ajang ini adalah peringkat 3 pada 1968 dan semi finalis 1996. Pada Piala Eropa 2008, Inggris bahkan gagal melangkah ke putaran final.
Keinginan Inggris untuk menjadi juara pertama kalinya pun mendapat tantangan berat. Manajer Inggris, Fabio Capello mengundurkan diri hanya beberapa bulan sebelum turnamen dimulai. Belum lagi kasus rasisme yang dialami mantan kapten Inggris, John Terry. Inggris perlu mengatasi persoalan internal mereka untuk menjadi yang terbaik di Polandia-Ukraina.
Road to EURO 2012
Inggris tak mau mengulangi kesalahan saat gagal melangkah ke Piala Eropa 2008. Bergabung di di grup G bersama Montenegro, Swiss, Wales, dan Bulgaria, Inggris mengakhiri babak kualifikasi dengan rekor tak terkalahkan.
Inggris yang saat itu masih dilatih Fabio Capello sukses memastikan diri sebagai juara grup G dengan torehan 18 poin, hasil 5 kali menang dan 3 kali imbang. Hasil imbang 2-2 melawan Montenegro, 7 Oktober 2011 sudah cukup memastikan langkah mereka ke Polandia-Ukraina.
Fakta Singkat
Julukan : The Three Lions
Pelatih : Stuart Pearce (caretaker)
Partisipasi : 7 kali
Prestasi terbaik : Peringkat 3 (1968), semi final (1996)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar