Jumat, 08 Juni 2012

Profil Negara Swedia Piala Euro 2012

Swedia bukanlah negara langganan putaran final. Keikutsertaan mereka di Piala Eropa baru dimulai pada 1992 saat berstatus tuan rumah. Saat itu mereka sukses menembus semi final, yang merupakan prestasi terbaik di ajang ini.

Sempat absen pada Piala Eropa 1996, Swedia selalu lolos ke putaran final sejak Piala Eropa 2000. Mereka gagal lolos penyisihan grup pada 2000 dan 2008, serta berhasil melaju ke perempat final pada 2004. Kini dengan penampilan kapten mereka, Zlatan Ibrahimovic yang semakin matang, Swedia berpeluang tampil mengejutkan.
Road to EURO 2012
Swedia lolos langsung ke putaran final dengan status sebagai runner-up terbaik. Mereka bersaing ketat dengan Belanda di grup D.
Kepastian mereka melenggang ke Polandia-Ukraina, ditentukan di partai terakhir. Melawan Belanda yang sudah dipastikan lolos, Swedia berhasil membungkus kemenangan 3-2. Hasil itu mengakhiri rekor Belanda yang tak terkalahkan dalam 17 laga kualifikasi Piala Dunia dan Piala Eropa.
Swedia mengakhiri babak kualifikasi dengan torehan 24 poin hasil 8 kali menang dan 2 kali kalah. Dalam tabel runner-up terbaik, poin yang didapat dari juru kunci grup E, San Marino tidak dihitung. Swedia lolos sebagai runner-up terbaik dengan 18 poin, selisih 2 poin dengan runner-up grup H, Portugal.
Fakta Singkat
Julukan : Blagult (The Blue-Yellow)
Pelatih : Erik Hamren
Partisipasi : 4 kali
Prestasi terbaik : Semi final 19924

Tidak ada komentar:

Posting Komentar