Jumat, 08 Juni 2012

Profil Negara Irlandia Piala Euro 2012

Republik Irlandia bukanlah negara langganan Piala Eropa. Mereka baru tampil sekali di putaran final tepatnya pada Piala Eropa 1988 di Jerman Barat. Di pertandingan pertama, mereka tampil mengejutkan dengan mengalahkan Inggris 1-0. Namun, Irlandia akhirnya gagal lolos penyisihan grup setelah bermain imbang dengan Uni Soviet 1-1 dan dikalahkan Belanda 0-1.

Kini dalam partisipasi kedua di putaran final, Robbie Keane dan kawan-kawan bertekad untuk tampil memuaskan. Meskipun tak akan mudah karena harus bersaing dengan dua kandidat juara, Italia dan Spanyol di babak penyisihan grup.
Road to EURO 2012
Di bawah kepelatihan Giovanni Trapattoni, Irlandia berhasil lolos ke turnamen besar untuk kali pertama sejak Piala Dunia 2002. Irlandia finish sebagai runner-up grup B, di bawah Rusia. Mereka mengakhiri babak kualifikasi dengan torehan 21 poin, hasil 6 menang, 3 seri, dan 1 kali kalah.
Irlandia berhak berlaga di partai play-off, bersua dengan tim kuda hitam Estonia. Mereka memastikan langkah ke Polandia-Ukraina setelah unggul agregat 5-1 atas Estonia. Di leg pertama di Estonia, Irlandia menang telak 4-0. Hasil imbang 1-1 di pertemuan kedua sudah cukup mengantarkan Irlandia ke putaran final.
Fakta Singkat
Julukan : The Boys in Green
Pelatih : Giovanni Trapattoni
Partisipasi : 1 kali
Prestasi terbaik : Penyisihan grup 1988

Tidak ada komentar:

Posting Komentar