Jumat, 08 Juni 2012

Profil Negara Italia Piala Eur 2012


Meskipun berstatus salah satu negara kuat di Eropa, Italia baru sekali menjuarai Piala Eropa. Itu pun sudah lama yakni pada 1968 saat berstatus tuan rumah. Saat itu, Italia yang diperkuat pemain legendaris seperti Giacinto Facchetti, Gianni Rivera, dan Luigi Riva sukses mengalahkan Yugoslavia 2-0 di partai puncak.

Setelah itu, prestasi Italia di Piala Eropa cenderung naik-turun. Azzurri sempat 4 kali gagal lolos putaran final dan harus terhenti di babak penyisihan grup pada 1996 dan 2004. Prestasi terbaik mereka pasca juara adalah menjadi runner-up pada tahun 2000. Saat itu Italia dikalahkan Perancis 1-2 secara dramatis. Sempat unggul lewat gol Marco Delvecchio menit 55, Italia akhirnya harus menyerah lewat gol Sylvain Wiltord menit 94 dan gol emas David Trezeguet menit 103.
Road to EURO 2012
Italia tampil nyaris tanpa cela di babak kualifikasi. Mereka lolos ke Ukraina-Polandia dengan rekor tak terkalahkan dengan rincian 8 kali menang dan 2 kali imbang. Mereka pun mantap melenggang sebagai juara grup C.
Italia tercatat sebagai tim yang paling sedikit kebobolan di babak kualifikasi. Mereka hanya kebobolan 2 gol dari 10 pertandingan. Italia memastikan diri melaju ke Piala Eropa saat masih menyisakan 2 pertandingan. Pasukan Cesare Prandelli menutup babak kualifikasi dengan kemenangan 3-0 atas Irlandia Utara.
Fakta Singkat
Julukan : Azzurri
Pelatih : Cesare Prandelli
Partisipasi : 7 kali
Prestasi terbaik : Juara 1968

Tidak ada komentar:

Posting Komentar